Join The Community

Rabu, 12 Januari 2011

E-Bussiness & E-Commerce

E-business (Electronic business) dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

E-commerce (Electronic Commerce) adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa di Internet. Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual item seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

Ada dua jenis perusahaan e-commerce, yaitu :

  1. E-commerce Murni yaitu jika produk, cara pengiriman, sampai pada cara pembayaran dilakukan dalam bentuk digital.
  2. E-commerce Partial yaitu jika salah satu komponen (produk, cara pengiriman, ataupun cara pembayaran) ada yang dilakukan secara fisik.

Jenis transaksi E-commerce :

  1. B2B (Bussiness to Bussiness) ini mengacu pada usaha bahwa pelayanan persyaratan bisnis lain.
  2. B2C (Bussiness to Costumer) mengacu pada usaha yang bergerak dalam melayani permintaan konsumen langsung.
  3. C-Commerce (Collaborative Commerce) yaitu EC dimana para mitra bisnis berkolaborasi secara elektronik.
  4. C2C (Consumer to Consumer) yaitu EC dimana penjual dan pembeli berasal dari kalangan perorangan.
  5. C2B (Consumer to Business) yaitu EC dimana pelanggan memberitahukan kebutuhannya terhadap suatu produk dan menyebutkan harga yang diinginkannya,kemudian perusahaan mencarikan supplier yang memiliki spesifikasi produk sesuai kriteria yang diminta.
  6. Intraorganisational yaitu penggunaan EC secara internal untuk memperbaiki operasi perusahaan.
  7. G2C (Government to Citizen) yaitu EC dimana pemerintah selaku penyedia jasa/produk menyediakan layanan kepada warga melalui berbagai teknologi EC.
  8. M-Commerce (Mobile Commerce) yaitu penggunaan telepon selular untuk mengakses internet dan belanja online.

Dalam proses e-commerce tentu sudah dapat disimpulkan bahawa e-commerce mempunyai beberapa keuntungan. Keuntungan yang diberikan antara lain :

  1. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  2. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  3. Melebarkan jangkauan (global reach).
  4. Meningkatkan customer loyalty.
  5. Meningkatkan supply management.
  6. Memperpendek waktu produksi.


 

Source : Materi Dosen Anisa (www.amnazz.wordpress.com)


www.wikipedia.com

     http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html

     Berbagai informasi dari blog

By : Nidya_fiveonichibi

0 komentar:

Posting Komentar