Join The Community

Rabu, 12 Januari 2011

Sakit Gigi?? OH... NOOOOOO!!

Aku mau sharing tentang sakit gigi yang kualami kemarin malam (Rabu). Sakit gigi itu beuh... sakitnya minta ampun. Rasanya pengin nangis aja saat sakitnya kambuh. Ditambah lagi aku nggak bawa obat sakit gigi + obat kumur mulut. Terasa lengkap sudah penderitaanku. Dan malam itu terasa malam penyiksaan yang sangat panjang bagiku.

huhu..T.T

Pada saat puncak kesakitanku, tanteku teringat akan sebuah buku. Buku itu mengungkapkan bagaimana cara mengatasi sakit gigi. Nah dalam kesempatan kali ini aku ingin berbagi sedikit ilmu yang aku kutip dari buku ciptaan R.M. Edhi Sutardjo. (bela-belain baca meskipun harus melawan sakit gigi) Berikut beberapa cara bagaimana mengatasi sakit gigi. Check this out!!

  1. Siapkan bahan daun sereh 50 gram, akar sereh 25 gram, kunyit 10 gram, pinang setengah buah, garam dapur secukupnya. Semua bahan ditumbuk halus, diseduh dengan air segelas yang telah mendidih, lalu disaring. Setelah agak dingin dapat diminum.
  2. Teteskan getah kulit jarak pagar pada gigi yang berlubang, tetapi jangan mengenai gigi yang lain. Sebaiknya diteteskan pada kapas dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang.
  3. Teteskan getah kamboja pada gigi yang berlubang, tetapi jangan sampai tertelan dan jangan sampai terkena gigi yang sehat, sebab dapat mengakibatkan gigi rapuh.
  4. Bila gigi yang berlubang terasa sakit, cobalah ambil kunyit lalu dikupas, ditetesi minyak kayu putih kemudian dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang.
  5. Gambir dihaluskan dan dimasukkan dalam gigi yang berlubang, maka sakitnya akan hilang.
  6. Daun sirih direndam di dalam spiritus, lalu digiling lembut. Kemudian dimasukkan/ditempelkan pada gigi yang sakit/berlubang.
  7. Menyembuhkan sakit gigi dan sariawan

    Daun sirih 2-3 lembar, cuci bersih, lalu dikunyah sampai lumat. Kemudian muntahkan/buang ampasnya. Lakukan setiap merasa sakit.

Itulah cara-cara mengatasi sakit gigi yang aku baca dari buku ciptaan R.M. Edhi Sutardjo. Nah.. apakah kalian punya cara lain untuk mengatasi sakit gigi???


 

Source : Buku ciptaan R.M. Edhi Sutardjo

By : Nidya_fiveonichibi

0 komentar:

Posting Komentar