Join The Community

Minggu, 05 Desember 2010

CLOUD COMPUTING

Cloud Computing Komputasi Awan
Cloud computing dalam arsitektur nya berbasis pada master and slave. Cloud computing adalah layanan teknologi informasi provider kepada pelanggan berbasis internet. Dengan menggunakan komputer berbasis browser aplikasi dapat diakses melalui internet.
Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.
Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.
Ciri khas cloud computing:
• Aplikasi on demand, bayar aplikasi sesuai fungsi yang diinginkan.
Arsitektur master and slave, karena, menurut saya, kembali lagi ke masa lalu, dimana ada mainframe (aplikasi), dan slave (terminal). Mainframe mahal, terutama berisi aplikasi untuk reservasi pesawat, perbankan. Kemudian teknologi personal computer (PC), menciptakan downsizing dan rightsizing.
Dari teknologi PC, muncul lah arsitektur client server. Sekarang cloud computing. Menurut saya cloud computing muncul karena, manajemen PC makin rumit, ada virus, ada backup dan restore, dan beragam aplikasi.
Yang ditawarkan oleh cloud computing:
• Kemudahan manajemen, tidak ada backup, restore, dll.
• Basis biaya berdasarkan layanan yang diberikan
• Skalabilitas, dan mobilitas
Cloud computing berbasis aplikasi, karenanya Operating System apapun bisa digunakan oleh Cloud Computing.
Middleware menghandle aplikasi, ada storage besar, dan tentu saja server server. OpenBSD dapat melakukan load balancing, tentu saja load balancing yang sederhana dengan balancing koneksi ke masing-masing server.
Dalam Web 2.0, basis internet adalah konten. Internet berkembang pesat saat ini karena Free. Coba bayangkan kalau tidak ada Geocities (web hosting gratis, kalau tidak salah dibeli oleh Yahoo dan ditutup tahun lalu), Hotmail (free email yang dibeli oleh Microsoft), Yahoo, Google, Facebook, Twitter, WordPress, Wikipedia, Blogspot, Detik, Kompas, dll.


BY : YULI

0 komentar:

Posting Komentar