Join The Community

Rabu, 01 Desember 2010

PEMANFAATAN TEKNOLOGI JARINGAN


    Telah kita ketahui bahwa adanya teknologi pada zaman sekarang mungkin merupakan salah satu kebutuhan pokok saat ini. Tanpa adanya teknologi dan informasi kita akan ketinggalan banyak hal dalam berbagai bidang. Dalam mengoperasikan sebuah teknologi kita tidak akan lepas dari namanya jaringan. Jaringan ini telah kita bahas sebelumnya.

    Nah, pemanfaatan teknologi jaringan dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita kenal antara lain :

  1. Internet

    Merupakan singkatan dari interconnected networking. Internet secara harafiah dapat diartikan rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Perkembangan internet mempengaruhi aktivitas di segala bidang.

  2. Intranet

    Adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol
    Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Untuk membangun intranet kita membutuhkan komponen yang sama dengan internet yaitu protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server.

    Dalam penerapan teknologi kita bisa membuat sesuatu yang mana dapat bermanfaat bagi yang menggunakan. Seperti yang telah kita ketahui Facebook yang mana didirikan oleh seorang mahasiswa Harvard dan mantan murid Ardsley High School yang bernama Mark Zuckerberg adalah kelahiran 14 Mei
1984. Facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September
2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

FB, jadi proyek iseng mahasiswa yang jadi booming di dunia.

Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar kata facebook di era teknologi informasi dan komunikasi untuk sekarang ini. dari berbagai kalangan, suku,ras dan etnik semuanya hampir sudah mengenal, serta menggunakan situs jejarig sosial ini. Banyak dari mereka yang ketagihan menggunakan situs jejaring sosial ini. dengan tampilannya yang menarik dan mudah difahami, facebook menjadi sangat menarik dan sangatdi minati oleh para kalayak.
Saya sudah mengamati secara langsung bagaimana masyarakat merespon dan memanfaatkan situs jejaring sosial ini. setiap detik dan setiap waktu, entah dimana, di tempat kerja, di kantor , di sekolah, di kamar mandi, di jalan, dan dimana-mana... faceboo menjdi sangat ngetren dan diminati. Banyak orag yang rela merogoh uang sakunya dan meluagkan waktunya untuk memanfaatkan situs jejaring sosial ini. Semuanya semata-mata hanya untuk mengupdate status dan membalas komentar serta chating dengan rekan masing-masing. Yaaa.... memang... banyak kelebihan serta juga ada kekurangan dan dampak dari munculnya situs jejaring sosial ini. Tetapi dari adanya situs jejaring sosial ini, banyak dari para pengguna untuk memanfaatkan situs ini untuk membuka usaha pribadi, serta banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha besar yang memanfaatkan situs ini untuk mempromosikan usaha mereka.
hehehehe... saya sendiri sudah mengamati.. khususnya di kampus saya... stus jejaring sosial facebook telah banyak dijadikan proyek iseng oleh mahasiswa untuk meyebarkan usaha mereka dan menjadi booming di dunia internet... banyak usaha dari mahasiswa yang disebarkan atau dipromosikan lewat situs jejarig sosial ini. ya.. karena saking banyaknya pengguna dari situs jejaring sosial ini.. banyak dari usaha para mahasiswa yang laku juga lho.. misalkan usaha menjual produk serta usaha menawarkan jasa lewat situs ini...
ya... dalam artikel yang saya tulis ini, saya tidak akan membicarakan kekurangan dari situs jejaring sosial ini. Kalau masalah kekurangan dari situs jejaring sosial ini,,, pasti dari para kalian pengguna internet sudah mengetahuinya sendiri.. :-)
yaaa... dengan kata lain..situs jejaring sosial ini bisa menjadi booming sebagai usaha dari para mahasiswa di dunia internet..

Selain itu, kita juga telah mengetahui tentang adanya pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar. Dalam PJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara langsung, dengan kata lain melalui PJJ dimungkinkan antara pengajar dan pembelajar berbeda tempat bahkan bisa dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.

Pembelajaran elektronik
  

Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Plus Minus E-learning

Seperti Sebagaimana yang disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh "contents writer", designer e-learning dan pemrogram komputer.

Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :

  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir

  1. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  2. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.    

Internet tidak akan mengenal kata lelah untuk selalu berkembang. Di masa depan internet akan dikembangkan dengan berbagai aplikasi :

  1. VPN

    Merupakan singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Karena bersifat private dan tidak boleh diakses secra umum maka diperlukan keamanan data. Konsep kerja VPN sebagai berikut:

        Internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

  2. IPV6

    Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. . IPv6 memiliki panjang 128-bit dengan total alamat mungkin hingga 2128=3,4 x 1038 alamat. Total alamat yang sangat besar ini bertujuan untuk menyediakan ruang alamat yang tidak akan habis dan membentuk infrastruktur routing yang disusun secara hierarkis.

  3. Cloud Computing

    Adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain".

  4. Microtik

    MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia.

  5. Power Line Computating

    Adalah sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar komunikasi. Daya listrik ditransmisikan melalui jalur transmisi tegangan tinggi, yang didistribusikan melalui tegangan menengah, dan digunakan di dalam gedung pada tegangan rendah. Tingkat data melalui sistem komunikasi kabel listrik sangat bervariasi.


     


     


     

    Source : wikipedia.com


     


     


     

1 komentar:

Posting Komentar